Tips - Persiapan Masuk Dunia Perkuliahan


Selamat nih buat kalian yang udah di terima di perguruan tinggi impian kalian setelah melewati berbagai proses penerimaan mahasiswa baru. Dunia perkuliahan tentunya dunia yang baru bagi kalian yang sangat berbeda dengan SMA. Kalian akan menemui teman baru, lingkungan baru, kurikulum baru, dan suasana belajar yang baru. Nah, ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan agar kalian bisa bertahan dan dapat melewati proses awal masuk dunia perkuliahan.

Open Minded
Bisa di pastikan hanya segelintir orang bahkan tidak ada yang kalian kenal saat kalian memasuki lingkungan yang baru. Disaat itu lah kalian harus membuka diri kalian agar dapat mempunyai teman baru. Banyak-banyaklah berkenalan agar kamu mengenal teman-teman baru di bangku kuliah.

Persiapkan mental
Ini nih yang sangat penting karena kalian yang tidak memiliki mental yang kuat dan gampang menyerah tentunya bisa tergerus oleh proses perkuliahan, misalnya DO (Drop out). Awal kalian masuk perkuliahan tentunya akan melewati yang namanya OSPEK. Disaat itulah mental di uji, dengan segudang tugas, disiplin yang tinggi, hukuman, dan bentak-bentakan merupakan aksesoris dari acara OSPEK. Bisa di bayangkan nih kalo kalian mudah menyerah pasti kalian udah pusing dan membayangkan kuliah adalah hal yang menyeramkan. Untuk itu kalian harus kuat mental nih buat mengikuti serangkaian kegiatan awal menjadi mahasiswa baru. Klo kita bisa melewatinya dengan enjoy pasti deh jadi mahasiswa akan lebih menyenangkan.

Be smart person
Alasannya karena dunia perkuliahan merupakan lingkungan baru bagi kalian, pasti banyak hal-hal baru yang akan kalian temui. Mulai dari pemilihan teman, kalian tidak boleh sembarangan berteman, kalian harus pintar-pintar memilah mana teman yang baik dan tidak. Tapi kamu jangan mudah percaya dengan ajakan orang yang baru kalian kenal atau bahkan yang belum kalian kenal karena tidak semua orang mempunyai niat yang baik. Untuk itu kalian harus menjadi orang yang pintar dalam segala situasi, sehingga kalian tidak mudah terpengaruh dan terjebak dengan hal-hal negatif yang sekarang ini banyak menyerang generasi muda.

Mandiri
Kalian yang dulunya selalu dimanjakan harus mulai siap nih menjadi pribadi yang mandiri. Apa lagi buat kalian yang universitasnya jauh dari rumah. Kalian harus bisa menyiapkan segala sesuatu kebutuhan kalian sendiri. Mulai dari peralatan kuliah, menyiapkan makanan sendiri, dan bersih-bersih kos pun harus kita lakukan sendiri.

Mungkin itu dulu postingan kali ini, semoga bermanfaat :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA UNINSTAL PES 2013 YANG TIDAK BISA LEWAT CONTROL PANEL

Cara Membuka Kembali Tab Browser Yang Tertutup Tidak Sengaja

Cara Membuat Website Sederhana Dengan PHP dan MySQL

Tutorial langkah-Langkah Instalasi SmartPLS 3 Full Version

Perbedaan 32-Bit dan 64-Bit Serta Kekurangan dan Kelebihannya

Catatan - Basis Data #1

Resolusi 2024, Siapa yang mau berubah?